Selamat datang di Saipull.blogspot.Com

cara mengisi ulang tinta warna (22) printer hp

Tuesday, February 22, 20115comments

Gw akan menjabarkan tips mengisi ulang cartridge warna Printer hp dengan sekaligus membersihkan catridge, tanpa harus membawa catridge anda ke tempat isi ulang atau refill catridge, tujuannya agar lebih cost down/penghematan untuk kantong anda.
Saat ini alfaridzy menjabarkan dengan media catridge 22 atau untuk warna dari printer HP, jika anda bertanya bagaimana cara mengisi tinta warna hitam justru lebih mudah, dan langkahnya sama saja
Beberapa benda yang harus di siapkan:
  • Tisu
  • Manggok kecil atau tatakan gelas/lepek
  • Tinta Isi ulang, warna
  • Air hangat, jangan terlalu panas
  • can catridge yang mau di isi tinta
Tisu gunanya untuk membersihkan sisa tinta yang luber atau berantakan, sekaligus test penyerapan dari catridgeBeberapa 
Merk tinta warna Printer HP sudah cukup terkenal dan murah meriah harga berkisar 25 ribu s/d 35 ribu, untuk beberapa kali mengisi catridge, contoh tinta yang Gw gunakan adalah merk Dataprint
Warning : Tidak menyentuh dan jangan sampai terkena Air bagian kuningan yang menghubungkan head seperti pada gambar di bawah
Bagian yang akan kita bersihkan adalah bagian keluarnya tinta dari catridge hingga menyemprotkan ke kertas, bagian inilah yang biasanya kotor, karena sisa-sisa tinta setelah anda menggunakan untuk nge-printBaiknya anda mengisi dahulu sebelum membersihkan catridge, karena beberapa orang yang mengisi sendiri catridge printer tintanya menetes dan mengotori lantai, maka gunakan koran untuk alas saat mengisi tinta.
Buka label dari catridge, maka disana ada 3 lubang yang akan kita isi tinta sesuai warna tinta Kuning, Merah, Biru sesuai pada gambar di bawah:
Catatan : Label/sticker catrid warna nomor 22 menggambarkan warna biru, merah, kuning tapi lubang tidak sesuai dengan warna sticker, lubang catridge warna kalau kita baca dari kiri, dengan tulisan sticker tidak terbalik, kuning, merah, biru (baca dari kiri-kanan)kuningan yang menghubungkan head berada di atas saat mengisi tinta, dan lubang keluarnya tinta juga sebaiknya tidak berada di bawah, sehingga tinta yang di masukan ke katridge tidak langsung merembes ke bagian keluarnya tinta (di gambar Gw menggunakan satu tangan, sebaiknya gunakan 2 tangan anda saat mengisi)
kuningan yang menghubungkan head berada di atas saat mengisi tinta, dan lubang keluarnya tinta juga sebaiknya tidak berada di bawah, sehingga tinta yang di masukan ke katridge tidak langsung merembes ke bagian keluarnya tinta (di gambar Gw menggunakan satu tangan, sebaiknya gunakan 2 tangan anda saat mengisi)Setelah merasakan agak berat atau biasanya gw menggunakan tinta hanya 1/3 dari 10cc yang gw beli, dengan kata lain 1 suntikan gw bisa menggunakannya 3 kali pengisian, agar tidak berantakan dan menetes.
Siapkan air di mangkok atau tatakan gelas, air hangat tidak panas dan tidak terlalu banyak kira-kira dalam air hanya 3 cm dari permukaan, catridge yang siap untuk di bersihkan sebelumnya tutup sticket yang rapa atau bisa menggunakan solatip agar lebih kuat.
celupkan bagian keluarnya tinta dari catridge, (hanya menempel pada permukaan air, bukan di celup) biasanya catridge yang tidak di gunakan dalam beberapa minggu mengering pada lubang-lubang semprot tinda tersebut, maka air hangat gunanya untuk mencairkan bagian itu
.Setelah di rendam di permukaan, maka tinta lumer, bersihkan dengan tisu (jangan menggosok seperti menyemir sepatu, tapi menempel dengan tisu sehingga tisu menyerap bagian itu) agar lubang semprot tidak trusak, tapi untuk sampingnya yang banyak tinta tidak papa kalau di gosok dengan tisu yang halus.
saat mnegetes tinta yang keluar dari print, cetak menggunakan media pengetikan atau apa saja, buatlah gambar atau bulat, kotak apa saja yang khusus warna dari apa yang di isii tadi kuning, merah, biru
lalu gambar yang menyatukan warna, apakah sudah terlihat dengan sempurna hasil print, jika belum teruslah print sampai hasilnya baik, jika tidak juga membaik hasil print masih bergaris, bersihkan lagi dengan tisu dan air hangat berulang seperti di atas.

ketika sudah bersih tampak seperti di bawah:
Hasil print sudah baik, maka anda sudah berhasil.
Kasus : gw pernah ngeprint berulang kali tapi gak keluar warna merahnya, yang kelauar warna biru sama kunignnya doang, lubang warna merahnya mampet total, lalu caranya gw rendem air anget seperti cara di atas agak lama, trus di bersihin pake tisu, lalu buka lagi sticker catridge, gw meniup lobang warna merah yang di tengah, sehingga tinta keluar dati lubang semprotnya, alhasil merahnya pun bisa di gunakan lagi, dan hasilnya tampak seperti diatas.
Update kasus :
cara menge-test tinta palsu : kebetulan gw beli tinta beberapa kali jadi menumpuk di kamar, dan salah satu tinta yang di beli merusak katridge warna item, ternyata lobangnya tersumbat oleh tinta palsu, pertanyaanya, lho kok bisa tau itu tinta palsu?? gampang banget, setelah di telusuri tinta palsu yang sudah di gunakan itu mengeras pada lubang suntikan yang di sediakan di dalam bungkus, itu di ketahui setelah ingin menggunakan tinta itu lagi, pas di suntik kok keras… (pas nekan suntikan) bayangkan itu terjadi pada lubang catridge, mungkin lebih keras untuk keluar tinta, itu membuktikan konsentrasi yang mungkin terlalu padat atau bahan yang tidak sesuai sehingga lengket pada lubang semprot.
Share this article :

+ comments + 5 comments

December 27, 2011 at 8:08 AM

om admin..
mau tanyaa, mohon bantuannya yah..
lubang cartridge pny sy ini ada 4 lubang, nah lho??
saya nyntik ny yg lubang mana nih, sdngkn tinta cm da 3 jenis wrna khn..??

makasii om admin..

January 14, 2012 at 7:01 PM

Assalamu'alaikum :)
saya mau tanya... sya bru aja ngisi tinta printer sya. trs sya coba print. tp, knp warnanya ga terang ya? rada kabur & buram? mngkin anda tau penyebabnya? mhn dibantu..

terima kasih :)

February 6, 2012 at 6:00 PM

BAGAIMANA MENYESUAIKAN WARNA DAN LUBANG

Anonymous
July 24, 2012 at 1:59 PM

colok dulu aja lubang catridge nya pake suntikan yg berbeda-beda, lap ke tisu, liat deh warna apa, lalu sesuain sama refill nya. gitu doang mas -__-"

October 12, 2012 at 5:39 AM

buat semuanya maaf nih, ane baru bisa koment... makasih juga buat bang anonim udah jawabin pertanyaan tmen2 ane...

Nak Betawi Asli : coba ikutin saran bang anonim diatas tuh, ane juga baru dnger tuh lobang cartridge ada 4...

Tiara Andhini : mungkin karena ente ngisinya nggak sesuai cara.. ato nggak tintanya belon sampe ke dasar tuh,,, coba tanya ama abang anonim,, mungkin punye jawaban..

Post a Comment

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Bloq Saipull - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger